Alasan Bisnis Online Ramai Tapi Penjualan Sedikit

 Banyak sekali yang gundah kenapa websitenya ramai tetapi penjualannya sedikit Alasan Bisnis Online Ramai Tapi Penjualan Sedikit
Banyak sekali yang gundah kenapa websitenya ramai tetapi penjualannya sedikit. Pada dasarnya ini persoalan yang cukup umum dialami oleh pebisnis online. Setelah mereka capek mempelajari SEO dan menghabiskan uang untuk Facebook Ads atau Adwords, ternyata penjualannya tidak sepadan.

Bisnis online itu pada umumnya sama saja dengan bisnis offline di mana pembelinya ialah insan yang memiliki tuntutan-tuntutan atau harapan yang harus dipenuhi. Gagal memenuhi tuntutan-tuntutan ini maka penjualan anda akan sedikit sekali atau bahkan tidak ada.

Konversi yang normal untuk sebuah website yang dikelola dengan benar setidaknya tidak kurang dari 1%.... Kaprikornus kalau  anda sudah mendapat 1000 pengunjung, tapi tidak bisa menjual 10 barang dari 1000 pengunjung itu, maka mungkin ada yang perlu diperbaiki di website anda.

Saya sendiri memiliki 3 bisnis online dengan konversi antara 3% hingga 15%. Tapi saya tidak akan memberitahukan apa bisnis saya di sini... itu belakang layar ^_^

Beberapa hal yang sering menjadi tuntutan dari pembeli di belanja online adalah:
  • Rasa Aman / Kepercayaan
  • Pemahaman Akan Produk
  • Harga
  • Promo/Gift
  • Kemudahan Berbelanja

Kaprikornus pada dikala anda menciptakan landing page atau artikel untuk produk dan jasa anda; gunakanlah kacamata konsumen dan pikirkan apa saja yang ingin konsumen lihat dari sebuah toko online.

RASA AMAN / KEPERCAYAAN

Ini ialah yang paling pertama harus anda usahakan pada dikala konsumen hingga ke halaman website anda. Gagal mendapat ini, maka lupakan saja tahapan selanjutnya.

Yang menjadi pertanyaan ialah apa yang menciptakan konsumen merasa kondusif dan percaya untuk berbelanja di toko online anda? Faktor-faktor apa saja yang bisa menciptakan toko online anda bisa dipercaya padahal toko online anda belum ternama, dan mereka tidak mengenal siapa anda?

1. Jangan Gunakan Domain Gratisan

Banyak sekali orang yang ingin membangun bisnis online tapi dengan menggunakan domain gratisan. Padahal cukup banyak konsumen online yang sudah mulai paham perihal dunia internet, dan mereka akan memandang website anda sebagai website yang ngak modal dengan hanya menggunakan domain gratisan.

Toko online sangat TIDAK direkomendasikan menggunakan domain gratisan.

Jangan mengikuti blog trikmudahseo ini yang masih menggunakan domain blogspot, alasannya ialah blog ini sekedar untuk share... dan memang reputasi blog ini sudah dibangun cukup lama, jadi tidak pernah pusing memikirkan apakah orang mau percaya dengan apa yang tertulis di blog ini atau tidak....

2. Hindari Tampilan Amatiran

Anda sering sanggup SMS tipu-tipu menang undian yang meminta anda mengunjungi suatu alamat website? Ciri khas websitenya ada dua ... yaitu domain gratisan dan TAMPILANNYA PAYAH. Bagaimana bisa menghasilkan penjualan yang banyak  jikalau tampilan website anda menyerupai orang yang gres kemarin sore mencar ilmu menciptakan blog?

Kaprikornus pastikan anda juga menentukan tampilan tema yang terlihat elegan di browser pengunjung. Jika anda tidak tahu bagaimana caranya, maka ada aneka macam tutorial online dan juga aneka macam jasa di dunia maya yang bisa membantu anda.

Pastikan anda menggunakan tampilan yang higienis dan tidak terlalu ramai. Begitu juga gambar produk harus anda foto dengan penataan yang langsung dan usahakan dengan background putih. Jangan taruh begitu saja di atas meja ruang tamu atau di atas kawasan tidur anda kemudian di foto.

Editlah fotonya sedikit supaya terlihat lebih tajam dan jernih, jangan terlihat haze dan tidak mencolok.

Pengaturan denah warna, font, tata letak, dan foto yang baik, akan membantu anda mendapat imbas tampilan website yang elegan.

Ada aneka macam faktor yang mempengaruhi TRUST konsumen, tapi gagal di dua poin pertama ini akan menciptakan kejatuhan konversi penjualan yang besar sekali.

3. Perbanyak Konten Produk Anda

Kalau website anda berisi produk campuran, maka semakin banyak produk yang anda tawarkan akan semakin meyakinkan konsumen bahwa bisnis anda ialah riil. Jika anda memposting lebih dari 100 produk, maka itu biasanya bukanlah hal yang akan dilakukan oleh website tipu-tipu.

Jarang sekali ada penipu yang mau benar-benar serius mengelola sebuah website dengan serius. Mengelola sebuah website dengan konten yang banyak membutuhkan dedikasi. Mereka itu pemalas, dan alasannya ialah mereka pemalas makanya mereka menipu.

Kaprikornus website anda akan semakin gampang mendapat kepercayaan seiring dengan pertambahan konten pada website anda. Kalau dikala ini konten anda masih sedikit, ... anda bisa bergegas untuk mempercepat pertambahan ragam produknya. Biasanya ini juga akan meningkatkan SEO dari website anda.

Lalu bagaimana kalau memang anda hanya menjual satu produk saja? Ya anda harus menciptakan halaman yang terlihat anggun dan profesional dengan halaman-halaman penunjang yang terlihat rapi, menyerupai profil anda, testimoni, cara pemesanan, FAQ, dan masih banyak lagi. Buatlah layaknya website anda ialah website perusahaan terkemuka menyerupai bank-bank ataupun bisnis terkemuka lainnya yang ada di niche anda.

====

Kaprikornus kalau website anda sudah menggunakan domain sendiri dengan tampilan profesional dan menjual banyak produk, maka biasanya orang akan mulai positive thinking perihal bisnis anda....walaupun mereka tidak mengenali anda.

4. Jangan Kaprikornus Customer Service Yang Gagap

Yang menciptakan penipu online bisa berhasil bukanlah website yang keren tapi kemampuan CS mereka yang sudah terlatih. Ya, kalau anda menelpon penipu anda akan mendengar bunyi mereka menyerupai CS perusahaan terkemuka.

Berbeda dengan sebelumnya, di mana anda harus menghindari ciri khas dari penipu; di sini anda malah harus menggandakan kemampuan ini, alasannya ialah inilah yang menciptakan mereka berhasil. Kalau anda gagap sebagai customer service dan tidak menguasai produk anda, maka anda akan selalu gagal mendapat penjualan yang sudah di depan mata.

Semakin usang anda akan semakin menguasai hal-hal apa saja yang menjadi hot button atau pemicu dari para konsumen untuk membeli produk anda, dan dikala anda sudah menguasai ragam hot button itu,....anda akan melihat angka penjualan anda meningkat.

PEMAHAMAN PRODUK

Jika anda mau pembeli anda membeli produk anda, maka anda harus bisa menciptakan pembeli memahami bahwa mereka memerlukan produk anda. Pembelian hanya terjadi jikalau seseorang merasa memerlukan atau tertarik dengan produk anda.

Tapi satu hal yang salah yang sering dilakukan oleh banyak bisnis online ialah mereka berusaha meyakinkan calon pembeli dengan menciptakan goresan pena yang sangat panjang sekali. Tulisan panjang itu baik untuk SEO tapi tidak untuk pembeli, jadi anda harus mengaturnya....

Anda perlu tahu bahwa rata-rata pengunjung website itu malas membaca sesuatu yang panjang lebar.

Kaprikornus sebaiknya anda mencar ilmu dari marketplace menyerupai LAZADA yang mengatakan informasi penting di awal-awal artikel, dan nanti klarifikasi lengkapnya gres anda letakkan di bawah. Artikel panjang lebar yang ada di bawah itu anda siapkan hanya untuk robot, dan pengunjung yang kepo saja ingin mendapat informasi detilnya. Jangan semua pengunjung anda paksakan untuk membaca informasi detil ini. Mereka akan kabur.

Kaprikornus awalilah artikel produk anda dengan sebuah informasi yang padat dan terang serta seruan untuk membeli produk anda.

Segala klarifikasi panjang lebar itu bisa anda taruh di bab bawah di bab DETAIL PRODUK....

Bagian detail produk inipun jangan anda buat menyerupai goresan pena di koran saja. Buatlah goresan pena ini menjadi sebuah goresan pena yang bisa dibaca dengan cepat. Untuk itu gunakan heading, bold, dan poin-poin untuk membantu pembaca lebih gampang melihat hal-hal mana saja yang penting dari goresan pena panjang lebar itu.

Terkadang juga ada konsumen yang ingin mendapat informasi yang tidak ada di halaman web anda. Di sini ialah bab dari Customer Service untuk memperlihatkan tingkat pengetahuan produknya.

HARGA

Yang ini tidak perlu lagi saya jelaskan panjang lebar. Semua konsumen itu mencari harga yang terbaik. Kaprikornus semakin mahal harga anda, maka akan semakin besar kemungkinan anda kehilangan penjualan.

Memang di dunia bisnis itu selalu ada dua pilihan, apakah mau menekankan pada volume penjualan dengan laba yang sedikit-sedikit, atau semoga penjualan sedikit yang penting untungnya sama. 

Banyak orang yang cenderung menentukan lebih baik penjualan sedikit dengan untung besar, alasannya ialah pada alhasil jumlah manfaatnya sama saja....tapi dengan beban kerja yang lebih sedikit.

Kalau memang kesibukan anda sangat padat, maka opsi ini bolehlah anda pilih. Tapi kalau anda tidak punya kesibukan dan anda menentukan opsi ini hanya alasannya ialah malas, maka anda harus tahu bahwa menjual sedikit produk dengan untung besar, memiliki potensi persoalan di kemudian hari, di mana konsumen anda akan semakin sedikit saja dikala mereka sadar harga anda kemahalan.

Opsi pertama di mana anda menekanan pada volume penjualan dan hanya mengambil untung yang sedikit, cenderung akan mengumpulkan langganan dari waktu ke waktu. Biasanya pebisnis yang menyerupai ini dalam satu tahun sudah akan melipatgandakan pembelinya menjadi dua kali lipat atau bahkan lima kali lipat.

Kaprikornus anda pilih denah harga yang mana?

Tapi ingat, harga juga JANGAN terlalu murah. Soalnya banyak juga konsumen yang menyebabkan harga yang terlalu murah sebagai indikasi penipuan. Kaprikornus kalaupun anda menemukan jalur distribusi yang lebih pendek sehingga bisa mengatakan dengan harga yang jauh lebih murah, tetap hati-hati dalam menerapkan harga.

PROMO dan GIFT

Ya semua orang....khususnya di Indonesia suka membeli yang murah dan ada gratisannya. Kaprikornus kalau anda bisa mengatakan promo khusus, atau hadiah gratisan, maka itu juga bisa menaikkan angka penjualan anda (dengan catatan bisnis online anda sudah ramai, kalau belum ramai ... ya anda harus cari trafiknya dulu)

Gift gratisannya juga harus sesuatu yang menarik atau memang anda rasakan akan diharapkan oleh konsumen yang ada di niche anda. Jika tidak menarik ya tidak ada gunanya juga. Hal ini biasa kita lihat di penjual panci yang menghadiakan buku resep, atau di penjual online yang beli produk dengan harga sekian gratis ongkir, dll.

KEMUDAHAN BERBELANJA

Kalau anda menciptakan bisnis online itu pastikan anda memudahkan pembeli untuk berbelanja. Misalnya dengan sistem belanja yang sederhana, rekening yang bermacam-macam dan pilihan ongkir yang murah hingga yang tecepat.

Cukup banyak bisnis online yang kehilangan profit alasannya ialah pembeli yang gagal paham bagaimana cara berbelanja di toko online tersebut. Atau alasannya ialah bank konsumen tidak tersedia, padahal konsumen tidak mamu membayar ongkos transfer beda bank.

========

Kalau bisnis online anda sudah mengatakan yang terbaik untuk 5 hal di atas, maka rasanya asing sekali jikalau penjualan bisnis online anda masih sedikit. Jika kelima hal di atas masih gagal, maka klarifikasi terakhir hanya satu, yaitu anda menargetkan market yang salah. Market ini mungkin saja ramai, tetapi tidak terlalu memerlukan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Bisnis Online Ramai Tapi Penjualan Sedikit"

Posting Komentar